Iklan

Kewirausahaan Digital

Kewirausahaan Digital

Oleh: Azahra Salsabillah


Kewirausahaan digital sekarang ini sudah cukup berkembang pesat apalagi dikalangan millennial. Pada zaman sekarang banyak anak muda yang memanfaatkan waktu serta sosial media untuk berwirausaha. Namun banyak juga anak muda yang belum begitu mengerti tentang kewirausahaan atau bagaimana menjalankan teknologi dengan baik dan benar. Perlu ada bimbingan sehingga akhirnya anak muda bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, jadi mereka tidak hanya akan menghabiskan waktu secara percuma saja. Karena banyaknya pembicaraan mengenai kewirausahaan digital, hal itu membuat banyaknya anak muda yang semakin tertarik untuk terjun pada dunia bisnis digital. Untuk itu, saya ingin memaparkan apa itu kewirausahaan digital serta apa yang harus dilakukan seseorang untuk memulai bisnisnya berdasarkan video Prof Dedi yang berbincang dengan Pak Jaya, seorang manager IT di PT Indoguna.
Wirausaha digital adalah fenomena yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Guthrie (2014) menyatakan usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Semua kalangan tentu bisa menjadi seorang wirausaha digital, terutama kalangan millennial. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terjun menjadi wirausaha digital, namun anak muda juga bisa. Menjadi wirausaha di usia muda bisa menjadi tantangan untuk diri sendiri.
Kewirausahaan digital ini penting untuk kalangan millennial, sebab dengan mempelajari dan juga terjun di dunia bisnis pada saat muda memudahkan kita sebagai anak muda untuk memperkirakan bayangan di masa depan nantinya. Bukan hal yang mustahil untuk kita para anak muda menjadi sebuah pemimpin, kita bisa menginvestasikan waktu yang kita punya untuk mempelajari masa depan dan membuat masa depan kita menjadi cerah.
Jika berbicara tentang peluang serta tantangan dalam kewirausahaan digital ini tentu ada banyak peluang dan juga tantangannya. Seperti contoh harga internet di Indonesia, harga internet di Indonesia ini terbilang murah dibanding 20 negara yang ada disurvei. Dan pemerintah Indonesia pun sudah melakukan upaya-upaya membangun Palapa Ring satu kabel fiber optic yang menghubungkan hampir seluruh Indonesia. Pada tahun 2015, cakupan 4G adalah 23% dan pada tahun sekarang tentu pasti lebih banyak presentasenya. Ini bisa juga disebut peluang.
Dibandingkan dengan amerika time spent on internet via mobile device orang indonesia 3,5 jam/hari, amerika 1,9 jam/hari. Time Spent On Social Media, Indonesia 2,9 sedangkan di Amerika 1,7. Jika dilihat dari statistik ini, sangat luar biasa peluangnya. Dan jumlah penggunaan internet pun meningkat sekali karena penjualan HP yang bias dibilang cukup murah.
Pak Jaya pun menjelaskan prospek untuk mahasiswa, yaitu Creating The Future From The Future. Ia menyebutkan artinya ialah jika kita ingin unggul di masa depan dan menjadi leader di masa depan, maka kita harus memperkiraan masa depan seperti apa. Jika kita bisa memperkiraan masa depan maka kita akan menjadi lebih unggul dari segi waktu.
Sebenarnya tantangan dalam berwirausaha itu cukup berat, namun bagaimana caranya agar kita tetap yakin untuk tetap menjalankan bisnis tersebut. Apalagi di masa pandemic seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang berusaha untuk mendapatkan uang dan menjalani hidupnya. Maka banyak juga masyarakat yang mulai beralih dan terjun ke dunia bisnis, terutama bisnis digital. Untuk mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnis, kita perlu mengetahui strategi-strategi bisnis yang perlu dalam berwirausaha digital. Ada beberapa strategi yang bisa kita lakukan untuk memperlancar bisnis digital kita, yaitu:
1. Keunggulan kompetitif, berfokus pada kepuasan pelanggan.
2. Omnichannel, menghubungkan dunia offline ke online.
3. Big Data, menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data ware house utuk pengambilan keputusan.
4. Cybersecurity, melindungi informasi bisnis perusahaan (Sophos Central).
5. Kapabilitas digital, mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.
Prof Dedi pun menyebutkan jika sebagus apapun produk tetapi strategi marketingnya salah, maka tidak ada orang yang tau dan jika tidak ada yang tau bagaimana produknya bisa terjual. Maka dari itu penting juga untuk mempelajari dan juga memahami digital marketingnya. karena dunia bisnis sekarang lebih memanfaatkan teknologi digital maka konsep digital marketing ini memang harus benar-benar kompetensinya dikuasai. Digital marketing ini adalah sebuah aktivitas dalam mempromosikan atau memasarkan produk sebuah usaha maupun jasa melalui sarana digital. Lewat social media, kita bisa memasarkan produk yang ingin kita jual.
Jika ingin menjadi seorang wirausaha digital, kita harus bisa memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Kita juga harus memahami konsep-konsep digital untuk bisa terjun ke dunia bisnis. Ada beberapa kompetensi atau skill yang diperlukan untuk bisa mengambil peluang sebagai wirausaha digital:
  1. Komunikasi, wiausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun professional adalah kunci sukses wirausaha.
  2. Finansial, memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha
  3. Merk, setiap wirausaha harus memiliki merek dan setiap wirausaha adalah merek.
  4. Marketing, pahami secara mendalam berbagai disiplin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran medsos, pay per click, pemasaran konten dan pemasaran via email.
  5. Networking, tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silaturahmi yag dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.
  6. Automation, melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian.
  7. Design, banyak wirausaha yang mengabaikan “desain produk” dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar. Desain bukan hanya tampilan, tetapi fungsinya.
  8. Analytics, belajar menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan data.
  9. Technical, pemrograman memang suatu keterampilan penting dunia digital. Namun tidak semua harus bisa itu, pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur, akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks.
  10. Learning, online learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital, yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis. Kemampuan belajar sendiri ini penting sekali.
Seperti contoh PT Indoguna yang bergerak dibidang makanan, mereka memanfaatkan teknologi dengan baik. PT Indoguna ini menggunakan teknologi yang handal untuk sistem distribusinya. Harus ada teknologi untuk menyimpan makanannya dalam bentuk frozen, chilled, atau dry sehingga saat sampai kepada customer tidak akan merubah rasa dari makanan tersebut.
Sekiranya seperti itu yang bisa saya bahas mengenai kewirausahaan digital berdasarkan video youtube yang berada di channel milik Prof. Dedi yang berbincang dengan Pak Jaya. Jika kita memang ingin bersungguh-sungguh untuk terjun ke dunia bisnis digital, maka hendaklah kita terus belajar. Belajar mencoba dan memulai hal baru untuk menambah pengalaman. Sebagai anak bangsa, kita punya potensi yang besar untuk menjadi wirausahawan muda apalagi di era digital ini. Maka dari itu mulai sekarang kita harus memanfaatkan teknologi digital dan juga waktu kita dengan sebaik mungkin. Kuncinya adalah jangan mudah untuk menyerah dan juga harus selalu belajar. Karena ketekunan adalah kunci sukses.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cafe Asik di Pasar Lama Tangerang

Digital Marketing

Ada Apa dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh?