Iklan

Digital Marketing

Digital Marketing

Oleh: Azahra Salsabillah
Digital marketing merupakan strategi memperkenalkan produk berupa barang dan jasa kepada konsumen melalui pemanfaat teknologi digital. Untuk mengetahui lebih rinci lagi mengenai digital marketing ini maka saya akan menjelaskan kembali infomasi tersebut berdasarkan video yang terdapat dalam channel youtube Dedi Purwana Channel. Dalam video tersebut Terrylina Arvinta, BE., MM yang juga merupakan dosen kewirausahaan menjelaskan mengenai digital marketing.
Kebutuhan digital marketing bagi para entrepreneur muda ini sangat penting, sebab karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era disruptif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Pada keadaan pandemi covid seperti sekarang ini, cukup membuktikan betapa pentingnya digital marketing di dunia kewirausahaan. Media digital menjadi satu-satunya solusi melakukan promosi dalam masa pandemi covid ini. Dengan memanfaatkan media digital dapat membuka peluang dan juga kesempatan bagi para wirausahawan.
Kutipan dari Jean Claude Juncker menyebutkan bahwa “The internet and the digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future”. Dalam kutipan tersebut dapat terlihat dengan jelas bagaimana peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini. Dengan seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital menguasai dunia, ini membuat pola perilaku konsumen berubah sehingga terjadi shifting pada perilaku konsumen ditangkap oleh sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa “Kita harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen” sehingga digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang diberikan pada konsumen agar tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha.
“Digital technology has to be our future” JIka kita ingin menguasai masa depan maka kita juga harus menguasai digital teknologi seperti teori Darwin yang mengatakan bahwa “Sebenarnya manusia yang berhasil yang sukses yang bisa memenangkan sebuah pertempuran bukan yang paling kuat, bukan yang paling besar tapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan”. Dengan banyaknya perubahan terjadi kita harus mampu beradaptasi terhadap perbahan yang ada termasuk dengan digital teknologi yang sedang berkembang pesat pada saat ini.
Jika populasi penduduk di Indonesia bertambah, maka akan bertambah juga penggunaan internet. Hampir seluruh atau kebanyakan orang saat ini sudah menggunakan smartphone, dan sudah pasti menggunakan beberapa aplikasi dalam smartphone tersebut. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa digital marketing ini penting maka para pemasar menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya.
Pertumbuhan penggunaan gadget, akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial lebih cepat dibandingkan pertumbuhan populasinya. Hal ini bisa disebut dengan peluang, sebagai entrepreneur harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran sebab menggunakan media-media konvensional sudah tidak cukup efektif dan efisien lagi. Dengan internet kita melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari, maka ini menjadi peluang besar bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasarannya.
Konsep SOSTAC Marketing Diagram, SOSTAC adalah Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control. Konsep inilah yang akan dirancang sebagai pemasaran digital yang akan disusun untuk usaha nantinya.
  1. Situation analysis, ini menjelaskan tentang “Sekarang posisi kita sedang berada dimana?”
  2. Objectives, menyusun tujuan yang kita mau itu seperti apa.
  3. Strategy, membicarakan tentang “bagaimana kita bisa mencapai tujuan itu?”.
  4. Tactics, mempersempit stratgi yang sudah dibuat menjadi “cara-cara yang lebih generic yang kita lakukan untuk mencapai tujuan kita seperti apa?”.
  5. Action, “the details of tactics”.
  6. Control, “how do we monitor performance?” kita perlu menyusun Key Perfomance Indicator. Control ini mengarahkan kepada tujuan yang kita di inginkan.
Di dalam situation analysis ini ada 3, yaitu:
Goal Perfomance
Ada 5S dalam digital marketing, diantaranya:
  1. Sell, mencatat posisi sell sekarang seperti apa, salesnya seperti apa, dan tingkat penjualannya seperti apa.
  2. Serve, ini bicara mengenai value edit. Bagaimana saat memberikan layanan kepada konsumen, value edit apa yang sudah diberikan, mengevaluasi posisi kita seperti apa.
  3. Save, memastikan apakah sdah cukup efisien dalam hal cost. Dengan menggunakan media digital maka kita sudah bisa mengurangi cost karena kita hanya cukup menggunakan sosial media sebagai online shop.
  4. Speak, tentang bagaimana membangun engagement dengan konsumen.
  5. Sizzle, bagaimana kita melakukan extension terhadap produk dan layanan yang kita punya.
Customer Insight
Bagaimana penilaian atau pandangan konsumen terhadap keberadaan kita.
E-marketplace SWOT
Menyusun SWOT, kekuatan dan kelemahan usaha kita seperti apa, beserta peluang dan ancamannya.
Kemudian ada Objectives, di objectives 5S ini kita ubah menuju ke arah 5S. seperti improvement salesnya seperti apa, improvement serve nya seperti apa, sizzle nya seperti apa. Selanjutnya menyusun strategy, kita menyusun segmentation, targeting dan positioning atau dalam pemasaran disebut STP. Siapa segmen kita, siapa target kita, posisinya seperti apa. Lalu perlu juga melakukan OVP atau merancang OVP nya atau Online Value Proposition, harus jelas apa value yang diunggulkan dalam bisnis kita atau apa keunggulan value kita dibandingkan dengan yang lain. Kemudian ada Sequence (credibility before visibility), ini bagaimana meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital.
Lalu tentang Tactics, ini tertuju pada E-marketing mix tentang communication mix, social networking. Seperti E-marketing apa saja yang akan dilakukan, media platform apa yang akan digunakan, details of contact strategy terkait dengan bagaimana menjalin komunikasi, bagaimana melakukan penjadwalan tentang posting. Jika strategy secara general maka tacticts adalah penjadwalan yang kita lakukan terkait dengan sebuah E-marketing.
Berikutnya adalah Action “the details of tacticts, we does what and when” ini tentang:
  • Responsibilities and structure
  • Internal resources and skills
  • External agencies
Contoh action ini seperti saat melakukan adsense melalui Facebook atau instagram lalu kita melakukan strategi dengan hastag, maka itu lah yang dinamakan action.
Kemudian ada Control, sama seperti sebelumnya bahwa dalam hal control ini perlu merancang yang namanya KPI atau Key Perfomance Indicators. Jika tadi di objectives menyusun 5S menjadi tujuan maka kita harus tau berarti di Key Perfomance salesnya naik atau tidak sesuai dengan objectives kita? Apakah sudah memberikan value edge terhadap produk dan layanan kita? Atau apakah sudah meningkatkan customer satisfaction? Dan lain sebagainya.
Untuk mengukur KPI contohnya adalah dalam KPI ini ada berapa penambahan follower, lalu dari penambahan tersebut berapa persen yang melakukan closing atau berapa persen yang melakukan pembelian terhadap produk kita, sehingga kita bisa mengukur KPI nya harus berapa persen lagi penambahan follower untuk memastikan bahwa jumlah pembelian akan meningkat. Itu adalah beberapa KPI yang nantinya akan disusun untuk kita memonitor atau kita mengkontrol strategi yang sudah disusun, apakah kita bisa lanjutkan atau kita harus perbarui strategi kita.
Berdasarkan penjelasan diatas, kita mengetahui mengapa digital marketing ini penting untuk kita lakukan pada bisnis kita terlebih lagi jika baru saja merintis usaha. Dengan digital marketing ini kita tidak perlu menunggu konsumen datang namun kita bisa mendekati konsumen, apalagi dalam media digital bisa dilihat oleh siapapun jadi cakupan konsumennya pun akan lebih banyak. Jadi tidak ada salahnya menggunakan media digital sebagai media promosi bisnis kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cafe Asik di Pasar Lama Tangerang

Ada Apa dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh?